Menjelang Akhir Masa Preklinik: Observasi dan Opini


Gak kerasa udah mau semester terakhir preklinik di FK. setelah melewati perjuangan yang penuh onak dan duri (halah), apalagi akhir semester 6 yang bikin rasanya pengen balik ke masa dimana kita masih berupa bola sel lagi jalan di tuba uterina menuju uterus (oke2 stop)... akhirnya gw dan temen2 seangkatan gw bisa ngasih self-pukpuk ke diri kita masing2. a pat on our backs karena at least kita bisa melewati ini tanpa mengalami gangguan mental apapun. seriously. yeah, it's that hard.

udah mau semester terakhir gini, auranya udah beda. dari awal semester 6 aja, kita (dengan bantuan dosen2 yang entah kenapa sangat rajin mengingatkan) sangat nyadar kalo udah jadi angkatan paling tua. at least di fase preklinik. ini memicu beberapa perubahan perilaku, munculnya pikiran-pikiran baru, dan setelah melewati semester 6, rasa haru.

menurut observasi gw, ada beberapa temen gw yang jadi lebih rajin karena tau udah semester akhir2, udah mau masuk klinik. ada yang menggalau karena "aduh gimana nih? udah mau masuk klinik... masih belom siap :((" (jujur saya termasuk golongan ini. GAK NERIMA PROTES! karena biasanya gw kalo bilang belom siap ujian atau apapun pasti diprotes. gak tau kenapa). ada yang biasa aja, yaudah jalanin aja gitu maksudnya. gak tau juga sih, mungkin mereka merasa udah siap, atau beneran ga peduli, atau sebenernya ada kegalauan juga. ada yang seneng karena mereka memang berencana (dan sudah diizinkan) kuliah di FK cuma sampe preklinik. abis itu mau lanjut bisnis, atau mau kuliah yang lain, pokoknya ada rencana lain lah. ada yang galau juga, tapi galaunya beda sama yang tadi. mereka galau karena sebenernya mereka gak yakin mau jadi dokter atau enggak. kalo mau berhenti, merasa sayang atau gak diijinin "pihak2 tertentu". kalo mau lanjut, takut gak kuat atau merasa percuma, wong mereka gak gitu seneng sebenernya.

gw termasuk mahasiswa preklinik yang yakin akan masuk klinik. alasannya simpel. kalo enggak jadi dokter, gw gak tau mau jadi apaan lagi. entah anugrah karena gw punya tujuan pasti, atau sebenernya buruk karena artinya gw gak punya (atau gak yakin punya) kemampuan lain lagi. gak tau deh, hahahaha. but yeah, beneran. tapi menjelang masa klinik, gw gak punya persiapan khusus apapun. ya belajar aja kayak biasa. entah emang tenang atau gak tau bahaya apa yang menunggu di depan. yah gw sih prinsipnya santai aja. jalanin aja yang tulus, gak usah pake perhitungan. kalo emang udah jalannya bisa, ya bisa.

buat temen2 yang makin rajin, salut gw sama lu semua. buat temen gw yang cuma sampe preklinik, moga2 sukses terus. buat temen gw yang merasa belom siap masuk klinik, kata senior2 yang gw kenal, itu biasa. just do our best. yang masih galau mau jadi dokter atau enggak, honestly I think I have no right to judge you and your problems, so I can't give any suggestions or ideas. but one thing, follow your heart. sounds cliche? but it works. and if it doesn't, at least you don't have to blame others. it's just a part of your life. your decision as a grown-up. someday you'll look back and learn from it.

Liburan ini akan jadi liburan panjang terakhir gue... I have to seize it.

*ditulis waktu awal liburan panjang, dimana liburan diisi Euro, stand-up comedy, makan tiada henti, and other little fun things*





Comments

Popular Posts