Stand Up Comedy: Akhirnya Ada Juga di Indonesia...

Pertengahan 2012. Sekarang. kalo diitung2, udah setahun stand-up comedy marak di Indonesia.

Kayaknya kalo awal 2011 gw ngomong "stand-up comedy" masih akan ada orang yang "hah apaan tuh? nonton dimana?" atau "emang ada di Indonesia? setau gw itu banyak di luar negeri".

gw termasuk orang yang suka komedi. ya meskipun gak hardcore2 amat. but I'm such a picky person. gw gak bisa dibuat ketawa dengan semua komedi. sampe saat ini, cuma ada 2 macam komedi yang bisa bikin gw ketawa: komedi situasi dan stand-up comedy. dua2nya udah super banyak dan lama ada di luar negeri. tapi di Indonesia, belom se"tumbuh" itu. gw gak akan ngomongin soal komedi situasi disini.
gw udah tau format yang namanya "stand-up comedy" lama. sejak sebelum jamannya alm. Taufik Savalas dengan acaranya "Comedy Club" dan waktu Iwel Wel baru2 muncul di TV (gw gak inget dah umur berapa gw waktu itu). tapi gue tau itu adanya di luar negeri. baru belakangan di Indonesia muncul. memang alm. Taufik Savalas waktu itu membawakan "joke-telling" bukan stand-up comedy yang beneran karena beliau hanya menceritakan jokes yang udah beredar di masyarakat. tapi seenggaknya ya formatnya begitu. sendirian, mencoba lucu di atas panggung dengan kata2. nah yang dibawain Iwel Wel udah bener. materinya berdasarkan pengalaman, pengamatan, dan keresahan pribadi, kemudian di-deliver di atas panggung.

okay, cukup deh ngomongin teknisnya. gw rasa kalo masalah teknis pasti para comic akan lebih jago daripada gue. sekarang gue akan ngomongin pandangan gue tentang stand-up comedy di Indonesia. gue lumayan suka stand-up comedy punya luar negeri, tapi tetep aja ada yang "beda" gitu sama yang dari Indonesia. sebelom SUC marak di Indo, gw udah mikir, "kapan ya ada SUC yang asli Indonesia? pasti keren". jujur, gw kurang suka sama komedi slapstick. apalagi sebelom SUC marak, di TV tuh lagi heboh2nya komedi "styrofoam". gw ngeliat orang2 ngakak nonton itu. gw? poker face. gw gak merasa itu lucu. itu masalah selera aja kali ya. tapi itu membuat gw bosen. apa gak ada alternatif komedi yang lain?

.........................


it was a night, June 2011.

A boring night.

A college student, in holiday at that time. sitting in front of her laptop. nothing to do. she just did some random browsing.
But suddenly, a thought crossed her mind.
"di YouTube ada video stand-up comedy Indonesia gak ya? coba cari ah..."

dan dia menemukan video ini...



dan dia nonton lanjutan2nya.

dia udah lama banget gak ngakak kayak malem itu.

sumpah malem itu gw kayak bahagia banget. kayak nemu pencerahan. akhirnya gw nemu komedi yang gw suka. komedi yang cocok buat gw. yang sukses bikin gw ngakak.

dan sejak itu, gw jadi rajin ngecek di YouTube. apa ada video SUC Indonesia lainnya?
untung gak lama kemudian, ada event SUC di Comedy Cafe Kemang. tapi karena masalah jarak dan waktu, gw gak bisa dateng. akhirnya gw nonton di YouTube lagi. asli gw ngakak. gw udah merasa ini genre komedi yang cocok buat gw. disitu gw pertama kali tau nama2 kayak Ryan Adriandhy, Ernest Prakasa, Isman HS, Asep Suaji, dan nama2 lain yang nantinya akan besar di dunia SUC Indonesia. ditambah lagi di Kompas TV ada acara pencarian talent "Stand Up Comedy Indonesia". tambah senenglah gw. di saat gw nyari, di saat itu juga SUC mulai muncul ke permukaan. gayung bersambut. bisa ditebak, gw ngikutin acara "Stand Up Comedy Indonesia" Kompas TV, sejak awal season 1 sampe sekarang. gw rajin nonton video SUC di YouTube (meskipun sekarang udah gak banyak yang di-upload). waktu dibentuk komunitas SUC di daerah gw, Jakarta Utara (@Standup_Jakut) dan mereka ngadain open mic perdana, gw dengan semangat '45 dateng. disitu gw pertama kali nonton stand-up comedy secara live. beda banget sama nonton di YouTube atau TV. atmosfernya beda. ngakaknya jauh lebih hebat. setelah itu pun kadang gw dateng ke open mic yang diadain mereka.

sejak saat itu sampe sekarang, banyak banget comic yang bermunculan. dengan persona, keahlian, dan gaya materinya masing2. rata2 bagus. hanya masalah selera aja. lu bilang 1 comic lucu, belom tentu gw bilang dia lucu. and vice versa.

setelah ada acara di Kompas TV itu, komunitas SUC bermunculan dimana2. cepat. sangat cepat. mungkin terlalu cepat? gw takutnya itu cuma ngetren bentar, terus turun. gw sempet khawatir begitu. dan ternyata comic2 pun khawatir seperti itu. kalo sampe ilang, sayang banget. gw dan banyak orang akan kehilangan pilihan komedi yang mereka suka. para comic yang mencari penghasilan dari SUC juga akan kehilangan penghasilan. semoga aja itu gak kejadian. karena SUC bukan sekedar bikin orang ketawa. tapi ada unsur edukasi. ada unsur kritik sosial. dan itu yang gw suka. bukan cuma sekedar haha-hihi, tapi ada sesuatu yang bisa didapat dari sana.

Gw baru aja selesai baca bukunya Pandji Pragiwaksono yang judulnya "Merdeka Dalam Bercanda". dari situ gw tau perjuangan mereka yang dari awal membangun SUC di Indonesia ini. baik yang kelihatan, maupun yang gak kelihatan.

Tiba2 terlintas di pikiran gw, pertumbuhan SUC di Indonesia ini seperti pohon bambu.
Pohon bambu pada awal2 kehidupannya, gak akan terlihat tumbuh. kelihatannya stagnan. begitu2 aja. kecil terus. tapi pada saat waktunya tiba, ia akan terlihat tumbuh sangat pesat. jauh lebih cepat dari pohon lainnya. ternyata pada awal kehidupannya, pohon bambu itu tumbuh di dalam. ia memperkuat akarnya, agar kalau waktunya tiba untuk ia tumbuh pesat menjadi pohon yang tinggi, ia akan bisa bertahan.

sama kayak SUC di Indonesia. dulu kelihatannya gak tumbuh. kelihatannya gak akan disukai. tapi pejuang2 yang dari dulu mempertahankan SUC di Indonesia terus berusaha. Om Ramon Papana dengan Comedy Cafe-nya, Iwel Wel dengan usahanya mempopulerkan SUC. Pandji yang mencoba stand-up comedy di konsernya. jadi sebetulnya "akar"nya udah ada. dan akarnya terus tumbuh. sampai akhirnya ada suatu momentum yang tepat, SUC mulai terlihat tumbuh. sangat pesat. dan gw sangat berharap semoga SUC di Indonesia akan terus bertahan dan tumbuh.

gw mungkin hanya penggemar dan observer dari SUC di Indonesia. bukan comic. bukan pendiri komunitas. bukan apa2. tapi gw akan terus support SUC di Indonesia.

tanggal 10 Juli nanti, gw akan nonton salah satu comic favorit gw, Ernest Prakasa, stand up selama sejam. I can hardly wait! :D

Viva la komtung!


Comments

Popular Posts